Tuesday, January 12, 2016

10 Alasan (Operator Sekolah) OPS harus masuk surga duluan

Standard

Menjelang liburan akhir semester keriuhan dan wajah berbinar menyelimuti segenap civitas sekolah. Tidak hanya para siswa saja yang ingin mengisi liburan dengan berkumpul dengan keluarga, guru dan OPS pun demikian pula halnya. Rencana liburan sudah dijadwal sedemikian rupa untuk meREFRESH otak dan fisik setelah satu semester sibuk dengan kegiatan di sekolah masing-masing.
   Pak Ahmad, salah seorang guru sekaligus OPS  disalah satu Madrasah sudah lama merencanakan liburan semester dengan mengunjungi kawasan puncak yang memiliki keindahan alam dan kesejukan udaranya yang membuat tenang dan nyaman. Maka, ketika prosesi penerimaaan raport usai, bersoraklah pak Ahmad karena koper dan perlengkapan piknik dirumah sudah menanti. Tak lupa Pak Ahmad mengajak istrinya yang juga guru dan seorang putranya yang begitu riang gembira menyambut liburan dengan bersantai di kawasan puncak. Tak lupa Smartphone android versi terbaru dan tongsis sudah siap di rangsel.
    Semua perlengkapan sudah masuk mobil. Istri dan anak juga sudah siap. Beberapa saat sebelum berangkat, telepon berdering tanda pesan BBM masuk di HP Pak Ahmad dan secepat kilat membaca pesan tersebut yang isinya;

"Mohon Operator berkumpul besok di Aula kantor Kemenag. Tidak boleh ijin. Terimakasih"

Wajah riang gembira Pak Ahmad seketika berubah menjadi horor. Sejenak kemudian Pak Ahmad mebesarkan hati istri dan anaknya bahwa liburan ditunda karena ayah ada tugas negara (kumpulan OPS).

     Ilustrasi diatas mengindikasikan bahwa kerja Operator terkadang tidak mengenal waktu. Kesabaran dan dedikasi OPS layak diberi apresiasi, yakni masuk surga terlebih dahulu. Mengapa?




  1. OPS adalah makhluk periang. Meskipun pekerjaan  berjibun, OPS tetap menghadapi dengan wajah ceria dan hati riang gembira.
  2. OPS memiliki kinerja luar biasa. Disaat rekan sejawat istirahat sekolah, OPS tetap berada didepan laptop untuk menyelesaikan tugas mengisi aset.
  3. OPS memiliki Daya Tahan Fisik. Disaat rekan sejawat sudah terlelap dipembaringan, rekan OPS masih sibuk meneliti data guru dan siswa yang mungkin salah.
  4. OPS luar biasa cermat. Bayangkan jika seorang operator salah memasukkan NIP atau NUPTK guru. Mungkin saat TPP cair, OPS kena omelan gegara salah memasukkan NUPTK.
  5. OPS adalah makhluk penyabar. Ketika data harus diuplad secara online sedangkan Chrome hanya berputar-butar tanpa menampilkan apapun dilayar monitor, bahkan ketika OPS terbangun dari ketiduran dan si Chrome masih berputar-putar juga.
  6. OPS rela berkorban jiwa dan harta benda. Ketika OPS harus menguplad datasecara online maka diperlukan pulsa agar data sampai ke tujuan. Ketika dana untuk beli pulsa tidak ada, OPS dengan riang gembira merogoh kocek sendiri agar pekerjaan selesai. Begitu juga dengan perangkat Laptop, terkadang OPS harus menggunakan Laptop miliknya sendiri untuk mengerjakan tugas sebagai OPS.
  7. Rangkap jabatan OPS. Kebanyakan OPS di SD adalah guru kelas. Semakin banyaknya jumlah guru PNS yang pensiun maka sekolah membutuhkan guru baru untuk mengisi kekosongan tersebut.
  8. OPS adalah penonton yang setia. Ketika rekan sejawat dengan penuh suka cita dan perasaan riang gembira karena TPP akhirnya cair juga. Kebanyakan OPS hanya bisa turut senang karena pekerjaannya sukses dan berharap semoga suatu saat nanti dirinya juga mendapatkan hal yang sama.
  9. OPS tidak boleh salah memasukkan data. Ketika salah seorang teman sejawat memberikan data, OPS harus kembali memeriksa data tersebut dan memastikan bahwa data tersebut adalah benar.
  10. OPS adalah makhluk yang paling rajin berdoa. Kata-kata "Alhamdulillah, Masyaallah, Subhanallah, atau Astaghfirullah sering kita dengar dari OPS ketika sedang atau selesai mengerjakan tugas mulianya.
Nah, pengorbanan yang begitu besar dari OPS menjadikan OPS layak mendapatkan pahala yang luar biasa besar. bagaimana pendapat bapak/ ibu guru semua?? 

0 comments:

Post a Comment